kontraktor villa di bali

Kontraktor Villa di bali

 

Bali sebagai Pulau Dewata memang sudah terkenal di seluruh dunia sebagai pulau yang eksotis dan memiliki berjuta pesona, tidak hanya pemandangan alamnya yang elok, tetapi juga pesona kebudayaannya yang memikat dan membuat Bali menjadi salah satu tujuan utama pariwisata.

kontraktor villa di bali

Dengan pesona yang telah dimiliki tersebut mendorong masyarakat Bali untuk mengembangkan diri terutama dalam sektor pariwisata, dimana pemerintah Indonesia pun turut andil dalam pembangunan Bali dalam sektor pariwisata. Bali yang lebih menonjol dalam sektor pariwisatanya merupakan salah satu penyumbang devisa terbesar untuk Indonesia.

Sektor pariwisata Bali berkembang dengan pesat dari tahun ke tahun, sehingga mendorong masyarakat dan pemerintah untuk terus melakukan pengembangan dalam sektor ini. Semakin banyaknya kedatangan para wisatawan yang berkunjung ke Bali, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara mendorong pemerintah Indonesia untuk terus mengembangkan pariwisata di Bali.

Hal tersebut sangat nyata terlihat dengan banyaknya fasilitas-fasilitas yang dapat dinikmati oleh para wisatawan ketika berada di pulau dewata seperti, bandar udara yang terus ditingkatkan kenyamanannya, fasilitas hiburan yang semakin beragam dan tidak kalah bersaing dengan yang ada di luar negeri, dan juga banyaknya fasilitas akomodasi yang dibangun sesuai dengan selera dan kebutuhan wisatawan.

Fasilitas akomodasi yang kian beragam mulai dari hotel berbintang, apartemen, resort, bungalow, villa, dan lain sebagainya telah banyak terdapat di Bali, hal tersebut tidak lepas dari peran serta pemerintah dalam mengesahkan izin pembangunan fasilitas-fasilitas akomodasi tersebut.

Pengaruh perkembangan industri pariwisata Bali yang semakin membaik membuat beberapa investor baik dari dalam maupun luar negeri mulai mencari celah untuk dapat turut serta berpartisipasi didalamnya. Berbagai sektor bisnis pariwisata mulai dilirik lagi karena perkembangan sektor pariwisata Indonesia semakin berkembang beberapa tahun belakangan ini .

Dengan perkembangan sektor pariwisata tersebut, peluang bisnis perhotelan dan villa semakin besar. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya hotel dan villa dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan kepada para pengunjung sebagai daya tarik dari hotel dan villa yang bersangkutan, hal ini merupakan pendorong bagi para pengusaha yang bergerak di bidang bisnis ini, untuk mengelola bisnis tersebut secara profesional sehingga memiliki daya saing dan kualitas yang tinggi.

Hotel VS Villa

Mencari penginapan di Bali sekarang ini sangatlah mudah. Internet sudah menjadi target utama para turis untuk menyewa penginapan. Penginapan harian, mingguan bahkan bulanan tersedia. Bagi sebagian masyarakat yang belum terlalu mengenal Bali mungkin hanya akan mengincar hotel sebagai tempat menginap. Akan tetapi sekarang ini vila juga sudah menjadi pilihan lain untuk menjadi persinggahan liburan Anda di Bali. Secara kasat mata definisi dari hotel dan vila sendiri sama yaitu sebagai tempat menginap para turis yang berasal dari luar pulau. Namun keduanya tetaplah berbeda. Apakah perbedaannya?

Hotel.

Biasanya hotel merupakan bangunan atau gedung bertingkat. Puluhan hingga ratusan kamar tersedia dalam bangunan tersebut. Disesuaikan dengan standarisasi hotel, semakin berbintang semakin banyak jumlah kamar dan lantainya. Banyak hotel di Bali yang memiliki tema berbeda dengan hotel lainnya. Misalnya saja dengan dominasi pewarnaan interior dan eksterior. Hotel berbintang akan tahu betul bagaimana menciptakan brand awareness. Baik dengan pengadaan furnitur unik di setiap kamar yang berbeda ataupun dengan desain bangunan yang mencolok. Akan tetapi pada desain kamar, jarang terdapat hotel yang mengatur seluruh kamar berbeda satu dan lainnya.

Pada umumnya hotel memiliki fasilitas yang hampir mirip. Akan tetapi tergantung pada jumlah bintang yang dimiliki. Fasilitas umum seperti kolam renang, restoran, ruang pertemuan, hingga pusat kebugaran tersedia untuk umum. Dengan demikian para tamu dapat berinteraksi dengan tamu lain lebih sering. Fasilitas tersebut juga kebanyakan tersedia dalam ruangan yang luas. Hal ini memungkinkan para tamu untuk dapat melakukan aktivitas yang sama dengan anggota kelompok yang berjumlah banyak

Untuk perihal pelayanan kita tentu tahu hotel memiliki standarisasi yang tinggi pada para staf. Terutama hotel berbintang. Full service 24 jam dengan resepsionis, bellman, roomboy, dan housekeeping. Anda akan menikmati pelayanan di setiap ruang hotel. Kemana pun Anda butuh bantuan, para staf terjaga untuk memenuhinya. Tidak hanya itu, para staf juga selalu dipantau dengan manager untuk memastikan tidak adanya ketidaknyaman terjadi.

Suasana yang ditawarkan sebuah hotel tentu saja suasana berada fasilitas umum. Para tamu dapat bertemu lebih banyak orang ketimbang di vila. Saat menginap di hotel, para tamu akan benar-benar merasakan sedang berada di luar rumah. Merasakan sedang berpergian. Selain itu suasana hotel memang cocok untuk Anda yang berpergian bersama kelompok dengan jumlah banyak. Misalnya saja berlibur bersama teman-teman kantor. Jumlah kamar hotel yang banyak dapat memudahkan para tamu mengakomodasi seluruh anggota.

Villa

Dibangun dengan rupa rumah pada umumnya. Jumlah kamar disesuaikan dengan luas lahan dan besar vila. Semakin luas dan besar vila semakin banyak jumlah kamar. Tidak ada standarisasi bintang pada vila. Setiap vila memiliki keunikan dan ciri khas masing-masing. Para tamu dapat langsung menilai sesuai selera. Vila di Bali betul-betul menjual keunikan rancangan dalam dan luar ruangan. Kebanyakan bangunan dalam vila merupakan ruang semi-terbuka.

Para tamu sengaja dipersatukan dengan alam untuk menikmati udara alami. Oleh karena itu setiap vila berlomba untuk menjadi yang terunik, teraneh, dan teristimewa. Mulai dari penempatan kamar layaknya bungalow, penggunaan materi jerami pada atap, kayu pada dinding dan lantai hingga peletakan beragam karya seni di seluruh sela ruangan. Tema khusus juga diterapkan hampir di seluruh vila ternama. Contohnya tema arsitektur Asia, minimalis, pedesaan, hingga tema kolonial.

Berbeda dengan hotel, karena konsep vila merupakan konsep rumah tinggal maka seluruh fasilitas hanya diperuntukan tamu vila. Tidak ada tamu dari vila lain yang dapat menggunakan fasilitas. Banyaknya fasilitas yang tersedia pun tergantung pada besarnya vila. Biasanya vila yang besar dan luas memiliki kolam renang, Jacuzzi, bale, ruang spa dan gym pribadi, ruang media, ruang baca hingga lahan sawah pribadi. Uniknya, hampir seluruh vila di Bali walaupun hanya memiliki 1-2 kamar, kolam renang tetap akan hadir sebagai sarana penunjang.

Tidak jauh berbeda dengan hotel, pelayanan di vila juga sama hebatnya. Hanya saja pada umumnya vila tidak memiliki resepsionis. Hal ini dikarenakan oleh konsep vila yang mengadaptasikan suasana rumah. Para staf atau manager biasanya memiliki jam kerja dari pagi hingga sore. Namun apabila para tamu membutuhkan bantuan mendesak, pihak pengelola atau staf vila dapat dihubungi sewaktu-waktu.

Jika hotel memberikan pelayanan koki untuk umum, koki di vila diperuntukkan kelompok tamu yang menginap saja. Keuntungannya adalah para tamu dapat memesan menu sesuai selera. Selain itu pengadaan personal staf seperti asisten rumah tangga dan trainer olahraga pribadi menjadi sangat mungkin.

Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya mengenai konsep vila yang seperti rumah, suasananya pun mendekatkan para tamu pada perasaan berada di rumah. Dengan ruang keluarga, dapur dan meja makan pribadi, vila menghadirkan suasana intim seperti di rumah sendiri. Untuk itu menginap di vila memang lebih cocok untuk kelompok beranggota sedikit. Contohnya berlibur dengan keluarga inti atau teman-teman terdekat. Akan tetapi dengan kemajuan vila-vila di Bali yang cukup pesat, kini sudah banyak vila kompleks yang hadir.

Vila kompleks adalah tempat dengan beberapa bangunan vila dalam satu pengelola. Memang kamar yang disediakan tidak sebanyak gedung hotel namun masih dapat menampung lebih dari 20 orang. Utamanya, vila mengedepankan keintiman bersama orang-orang terdekat. Vila memungkinkan anda menikmati suasana liburan yang mewah dengan tetap merasa berada dirumah sendiri.

Vila sebagai investasi

Seperti yang sudah kita ketahui, Bali merupakan salah satu tempat terbaik di dunia sebagai tujuan wisata. Hal ini disebabkan karena Bali menawarkan sejuta pesona keindahan baik alam, arsitektur bangunan , maupun keramah tamahan penduduk aslinya. Konsep alam yang senantiasa dipegang teguh oleh para penduduk Bali ternyata membawa keindahan tersendiri meskipun berada di era modernisasi. Selain itu, kebudayaan yang kuat ikut berpengaruh menciptakan pesona Bali yang tidak ditemukan di tempat lain. Jadi, tidak heran jika Bali sering banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Banyaknya tingkat kunjungan wisatawan ke Bali tentu saja membawa banyak pengaruh positif. Salah satunya adalah membangun peluang bisnis. Dengan berkunjungnya wisatawan, tentu saja kebutuhan akan tempat peristirahatan meningkat. Selain hotel, salah satu tempat yang digemari oleh para wisatawan adalah villa. Oleh karena itu, membangun Villa di Bali merupakan bentuk investasi yang menjanjikan.

Villa adalah tempat tinggal sementara yang biasanya terletak di daerah dengan hawa sejuk, seperti misalnya di wilayah pegunungan, dataran tinggi, di pinggiran kota, ataupun di wilayah pantai. Villa biasanya dimiliki oleh perorangan yang terletak jauh dari keramaian dan bisa disewakan untuk tempat tinggal sekaligus berlibur.

Villa merupakan pilihan tempat tinggal yang tergolong sangat nyaman untuk menenangkan diri dan berekreasi, karena biasanya dibangun di tempat yang masih alami dengan kepadatan penduduk yang masih relatif sedikit. Maka, idealnya villa ditempati pada akhir pekan atau musim liburan.

Pada umumnya, villa menyediakan fasilitas hiburan seperti taman bunga, arena bermain anak, danau atau kolam pemancingan, fasilitas olahraga, serta berbagai sarana rekreasi lainnya. Villa juga dilengkapi dengan peralatan dan fasilitas penunjang kegiatan sehari-hari seperti di rumah Anda sendiri.

Sesungguhnya, mendengar kata Bali sendiri orang sudah terbayang akan indahnya kawasan ini. Namun demikian, membangun villa juga tidak bisa hanya membangun dan mengandalkan keindahan alam saja. Diperlukan yang namanya perencanaan serius mulai dari konsep, lokasi, fasilitas yang disediakan, serta biaya. Konsep yang ditawarkan hendaknya mampu bersaing dengan vila yang lain. Dari segi arsitektur, salah satu tuntutan desain dari villa adalah bagaimana caranya mengarahkan pemadangan dari dalam ke pemandangan di luar yang potensial seperti gunung, pantai atau pemandangan indah lainnya.

Hal – Hal yang harus diperhatikan saat membangun villa

  • Modal

Modal merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk diperhitungkan dengan matang terlebih lagi bagi Anda yang akan membangun villa, baik itu untuk tujuan bisnis dan bukan untuk kepentingan pribadi. Besaran dana bisa disesuaikan dengan tema dan lokasi.

  • Lokasi

Sebuah villa identik dengan tempat untuk berlibur dan menenangkan diri. Untuk itu, kebanyakan villa dibangun di tempat yang masih sepi atau di dekat tempat-tempat wisata, seperti gunung atau pantai. Perhatikan akses ke lokasi villa Anda, pastikan lokasi villa dapat diakses dengan mobil dan bus.

  • Konsep dekorasi tematik

Dalam mendekorasi sebuah villa, ada baiknya untuk memilih tema atau konsep yang unik dan dekat dengan alam. Hindari pemilihan desain villa yang modern, kontemporer, atau minimalis karena konsep tersebut sudah sangat umum ditemui di rumah-rumah biasa di perkotaan. Sebaiknya pilih tema yang dekat dengan alam, seperti mendesain ruangan dengan tema dan dekorasi ala pedesaan, etnik, atau ala pantai/nautical dengan elemen tropis yang khas.

  • Jumlah kamar dan penataan ruang

Menentukan jumlah kamar harus didasari pada konsep dan tujuan dari villa. Jika villa yang akan dibangun adalah villa pribadi, maka jumlah kamar tidak perlu banyak, cukup 2 hingga 3 kamar. Namun, jika villa dibangun bukan untuk tujuan privat, sebaiknya buat jumlah ruangan yang lebih banyak, minimal 5. Dengan begitu, villa dapat digunakan oleh rombongan wisata atau keluarga besar yang ingin berlibur.

Penataan ruang juga meliputi pemisahan antara area pribadi seperti kamar tidur dan kamar mandi dengan area yang lebih terbuka seperti ruang tamu, ruang bersantai, ruang menonton TV, atau ruang baca. Kamar mandi sebaiknya ada di setiap kamar tidur, tetapi apabila tidak memungkinkan, Anda bisa membuat satu kamar mandi di tengah-tengah atau di antara 2 kamar tidur.

  • Keindahan eskterior


Saat membuat villa, bagian eksterior, lanskap, dan taman juga harus dibentuk dan dirawat sebaik mungkin. Desain lanskap dan taman harus lebih ditekankan, mengingat penghuni villa yang mayoritas lebih sering melakukan kegiatan di luar ruangan dibandingkan di dalam ruangan.

Buatlah taman-taman yang indah dengan bunga atau tanaman yang khas dengan daerah tersebut. Tambahkan juga patio, ayunan, kursi, meja taman, hingga lampu taman di sekitarnya agar penghuni dapat menikmati suasana taman baik di siang atau malam hari.

  • Menjalin kerjasama dengan kontraktor terpercaya

Jika Modal, Lokasi, Konsep, Tata ruang dan Keindahan Eksterior sudah diperhatikan, saatnya anda memilih rekan kontraktor yang terpercaya serta mengerti kebutuhan dan keinginan anda.

Itu adalah 6 hal yang perlu diperhatikan saat ingin mulai membangun sebuah villa. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa selain memperhatikan modal, lokasi, konsep, interior dan eksteroir, anda juga harus memperhatikan rekam jejak rekan kontraktor yang akan anda percaya untuk mewujudkan ide dan konsep yang anda miliki.

Tetapi properti bukanlah hanya tentang bangunan. Ketika Anda memiliki rencana tempat yang bagus untuk tinggal, bekerja atau hanya berinvestasi, Ini semua tentang anda, bagaimana memilih dari lokasi yang baik untuk desain yang bagus sampai renovasi, membangun atau bahkan mengembangkannya sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda.

Unibel merupakan perusahaan terintegrasi yang menawarkan layanan professional, Merancang – Merenovasi – Properti Bangunan (Rumah, Vila, Apartemen, Kantor, Rumah Belanja, Ritel serta Pengembangan Gedung Kantor, Apartemen, dan Mal) yang anda miliki untuk tujuan apa pun.

Sebagai Perusahaan Perencanaan dan Konstruksi (Arsitektur – Sipil – Interior – Mebel), Tim kami yang profesional dan berpengalaman dalam keahliannya, bekerja dengan baik bersama anda dalam setiap langkah untuk mewujudkan hunian terbaik atau tempat bisnis menarik yang anda impikan selama ini.

Dengan perjalanan panjang kami sejak tahun 1990 di industri ini, kami telah melakukan lebih dari 1000 Proyek Perumahan atau Komersial yang sukses di seluruh Indonesia (Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, Kalimantan, Pekanbaru, Sumatera dll) dengan berbagai klien kami yang terhormat dari Individu hingga Nasional serta Perusahaan Multinasional.

Bersama kami, kami akan memberikan lingkup pekerjaan dari A to Z (dari desain awal sampai penyelesaian) baik untuk hunian (Rumah, Vila, Apartemen dll) ataupun proyek komersial (Kantor, Ruko, Ritel, Bangunan dll) di sesuai dengan kebutuhan, selera serta Anggaran yang tersedia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *